Jati emas dan jati super, apa perbedaannya?

Kayu jati emas super

Kayu Jati

Kayu Jati (Tectona grandis L.f.) atau ‘teak wood’ telah dikenal masyarakat nasional maupun internasional sebagai bahan baku industri pengolahan kayu yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Kayu yang terkenal karena kekuatan, keawetan dan keindahannya ini memiliki nilai tinggi baik secara ekonomi maupun seni.

Tak heran jika kayu jati selalu menjadi pilihan utama bahan industri furnitur, mebel maupun bahan dasar kerajinan berkualitas. Kualitas kayu jati yang bagus menjadikan produk kayu jati masuk dalam tingkatan mahal dan mewah. Harga kayu jati di pasar internasional berkisar US$.500- $.2200 per meter kubik .

Meningkatnya permintaan produk kayu jati dari dalam negeri maupun untuk kebutuhan ekspor khususnya menyebabkan peningkatan kebutuhan kayu jati untuk produk olahan. Namun demikian, saat ini pasokan kayu jati untuk industri pengolahan kayu mengalami penurunan.

Kebutuhan kayu jati dalam negeri mencapai angka 2,5 juta m3 per tahun hanya mampu dipenuhi sebanyak 0,75 juta m3 per tahun. Penyebabnya adalah semakin berkurangnya ketersediaan lahan serta factor dan umur panen kayu jati yang sangat panjang, yaitu minimal 45 tahun, sehingga selain pasokannya kurang, harganya pun menjadi mahal karena rotasi tanaman yang terlalu panjang.

Namun untungnya, berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini dapat mempermudah dan memperpendek serta memperbanyak hasil yang diinginkan.Pohon jati yang tadinya berumur puluhan tahun, kini telah dapat dipersingkat menjadi antara 15 – 20 tahun. Sedangkan untuk memperbanyak bibit tanaman jati yang dihasilkan, teknik yang digunakan antara lain dengan cara okulasi dan kultur jaringan. Dengan cara okulasi dan kultur jaringan, maka akan didapat sifat unggul yang sama dengan indukannya.

Jati cepat tumbuh yang dihasilkan tersebut dikenal dengan nama jati super, dan jati emas.  Masa panen untuk jati super dan jati emas bisa dilakukan pada usia 5-7 tahun dengan diameter 30 cm. Pertumbuhan tinggi rata-rata 12 cm perbulan, tentu hasil yang didapat belum tentu sama untuk setiap lokasi. Karena faktor perawatan dan pemupukan juga sangat berpengaruh pada hasil kayu jati yang dihasilkan

Untuk jati super kelebihannya dibanding jati emas adalah pertumbuhannya lebih cepat dan batang lebih lurus dibandingkan dengan jati emas. Sedangkan untuk jati emas kelebihannya adalah kayunya lebih keras dan tekstur kayu lebih bagus dari pada jati super.

Pos ini dipublikasikan di Jati Emas, Jati Super dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s